6 Cara Motor Lama Agar tetap Prima

Tune Up itu Apa sih? ( 6 Cara Motor Lama Agar tetap Prima )

Sering terdengar tapi kerap disepelekan, apalagi dilakukan. Baru ketika motor mogok, datang penyesalan. Daripada mengalami kesialan di jalan, yuk cari tahu arti sebenarnya dari tune up.

 

Rumusan sederhana biar kendaraan awet adalah servis berkala. Itu sudah hukumnya. Salah satu yang dilakukan ya tune up ini. Tapi meski sudah sering kali didengar, belum tentu rajin dilakukan. Akibatnya, ya motor jadi bermasalah.

 

Sederhananya tune up bertujuan membuat kinerja kendaraan jadi maksimal. Dalam tune, dilakukan beberapa pengecekan, mulai dari sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sampai penyetelan dan perbaikan komponen lainnya. Dan kalau penjelasan singkat itu masih belum bikin paham, simak penjelasan berikut.

 

1. Mengganti oli. Mesin pasti memiliki komponen yang bergerak. Makanya, pelumasan sangatlah diperlukan agar gesekan antar komponen bisa diminamalisir. Seiring waktu dan pemakaian, oli mesin akan kehilangan daya lumasnya, sehingga menimbulkan rusaknya komponen-komponen yang bergesekan pada mesin. Karenanya, kawan Ares perlu mengganti oli mesin secara teratur agar mesin motor selalu dalam kondisi yang prima. Penggantian oli yang secara periodik juga dapat memperpanjang umur motor, lho.

 

2. Perawatan rantai dan sproket. Bagian ini juga harus selalu dicek dan dibersihkan. Jika tidak, kerusakan bakal cepat terjadi. Ada tiga hal yang perlu dilakukan pada bagian ini, yaitu inspeksi, pembersihan, dan penyesuaian. Usahakan untuk setidaknya melakukan kegiatan ini sebulan sekali.

 

3. Pengecekan karburator. Karburator adalah komponen yang berfungsi menggabungkan bahan bakar dan udara yang akan dimasukkan ke ruang bakar. Karburator bisa tersumbat jika sudah lama dipakai, akibat kotoran dari penyaring udara yang kotor. Kotoran juga bisa masuk ke mesin dan mengurangi kualitas oli mesin.

 

4. Pengecekan busi. Ini juga komponen yang sangat penting bagi motor. Busi berfungsi sebagai penyedia percikan api. Tanpa busi yang optimal, tenaga mesin pun akan jadi tidak optimal.

 

5. Pengecekan rem. Kawan Ares tentu sudah mahfum bahwa rem berfungsi untuk mengurangi/menghentikan laju kendaraan. Nah, untuk pengecekan rem bisa dilakukan dengan mengecek jarak bebas dari rem. Jaram bebas adalah jarak ketika tuas rem ditekan dan masih belum terjadi pengereman. Jika jarak bebas terlalu besar, kemungkinan kawan Ares perlu penyesuaian pada baut penyetelan rem atau mungkin kanvas rem yang sudah hampir habis. Jika sudah kanvas rem sudah aus, segera ganti, ya.

 

6. Merawat CVT. Merawat CVT sepeda motor matik sebenarnya tidaklah sulit. Kawan Ares hanya perlu mengecek sabut CVT apakah sudah ada kerusakan atau tidak. Sabuk CVT memiliki umur kerja tertentu.

 

Segitu dulu tips kali ini. Ingat selalu untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan kesayangan kawan Ares.

 

–Kawan Ares–



Newsletter

Populer Blog